Take Care dengan yang namanya si GALAU/STRESS !!

“STRESS” Mungkin kata itu udah ga asing lagi di kuping kita, tapi sebelumnya agan dan sista semua tau ga pengertian dari STRES itu sendiri apa sih? Oke… Ini dia niii…

Stress adalah reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya atau sulit. Stres membuat tubuh untuk memproduksi hormone adrenaline yang berfungsi untuk mempertahankan diri. Stres merupakan bagian dari kehidupan manusia. Stres yang ringan berguna dan dapat memacu seseorang untuk berpikir dan berusaha lebih berpikir dan berusaha lebih cepat dan keras sehingga dapat menjawab tantangan hidup sehari-hari. Stres ringan bisa merangsang dan memberikan rasa lebih bergairah dalam kehidupan yang biasanya membosankan dan rutin. Tetapi stress yang terlalu banyak dan berkelanjutan, bila tidak ditanggulangi, akan berbahaya bagi kesehatan.

Oke para agan dan sista yang masih bingung, atau bahkan sampe bertanya tanya Apa aja sih gejalanya? Ini niiiiii….

  • Menjadi mudah tersinggung dan marah terhadap teman, keluarga dan kolega.
  • Bertindak secara agresif dan defensif
  • Merasa selalu lelah
  • Sukar konsentrasi atau menjadi pelupa.
  • Palpitasi atau jantung berdebar-debar.
  • Otot-otot tegang.
  • Sakit kepala, perut dan diare.
  • Komplikasi
  • Tekanan darah tinggi dan serangan jantung.
  • Sakit mental, hysteria.
  • Gangguan makan seperti hilang nafsu makan atau terlalu banyak makan.
  • Tidak bisa tidur (insomnia).
  • Migren/kepala pusing.
  • Sakit maag.
  • Serangan asma yang tambah berat.
  • Ruam kulit.

Oke gansist alias agan sista nah itu dia gejalanya. Nih ya kalo kalian suka ngalamin hal hal diatas tadi, hati hati ya bisa jadi kalian lagi ngalamin stres. Tapi tenang, gausah takut, gausah heran, mungkin hal tersebut bisa diakibatkan beberapa hal dan beberapa kegiatan agansist semua, langsung aja ni kita bahas apa aja penyebab penyebabnya.

  • Kejadian hidup sehari-hari baik gembira dan sedih seperti:
    • Menikah/mempunyai anak. (Buat yang udah nikah dan punya anak aja loh ya.. )
    • Mulai tempat kerja baru/pindah rumah/emigrasi.
    • Kehilangan orang yang dicintai baik karena meninggal atau cerai.
    • Masalah hubungan pribadi.
  • Pelajaran sekolah maupun pekerjaan yang membutuhkan jadwal waktu yang ketat, dan atau bekerja dengan atasan yang keras dan kurang pengertian.
  • Tidak sehat.
  • Lingkungan seperti terlalu ramai, terlalu banyak orang atau terlalu panas dalam rumah atau tempat kerja.
  • Masalah keuangan seperti hutang dan pengeluaran di luar kemampuan.
  • Kurang percaya diri, pemalu
  • Terlalu ambisi dan berzcita-cita terlalu tinggi.
  • Perasaan negatif seperti rasa bersalah dan tidak tahu cara pemecahannya, frustasi.
  • Tidak dapat bergaul, kurang dukungan kawan.
  • Membuat keputusan masalah yang bisa merubah jalan hidupnya atau dipaksa untuk merubah nilai-nilai/prinsip hidup pribadi. Yang dapat anda lakukan

Inget nih agan dan sista semua, Stres bisa datang kapan saja, dan di mana saja. Apalagi, sebuah studi dari Carneigh Mellon University menyebutkan bahwa stres dapat menurunkan sistem imun tubuh, dan akhirnya menimbulkan penyakit. Akibatnya, aktivitas kita pun jadi terganggu. Tapi tenang, ada ko cara menghilangkan stres yang menyenangkan dan menyehatkan. Khusus buat sista semua, kalian tidak perlu kok repot-repot liburan ke Eropa atau malah shopping barang-barang branded, tapi cukup dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut.

Buah Anggur
Buah anggur kaya akan vitamin C. Vitamin C dapat menstimulasi produksi adrenalin, yang dapat membantu melepas tekanan di tubuh anda.

Buah Labu
Alasannya adalah karena buah labu kaya akan vitamin B6 dan zat besi. Kandungan tersebut dapat merubah gula darah menjadi dextrose yang dapat merangsang perasaan senang,gembira pada otak anda.

Pisang
Buah pisang mampu menghilangkan stress saat suasana hati sedang galau, karena pisang mengandung dua senyawa yang dapat menenangkan pikiran, yaitu senyawa Serotonin dan Dopamin. Kedua senyawa itu mampu mengendalikan suasana hati yang secara alami juga diproduksi di otak. Demikian seperti yang dikutip dari Foxnews.

Buah Cherry

Cherry mempunyai kandungan spesial yang disebut anthocyanin yang dapat menyeimbangkan suasana hati da menghasilkan perasaan bahagia. Beberapa ilmuwan bahkan menyarankan, jika seseorang sedang berada dalam bad mood, disarankan untuk mengkonsumsi buah cherry.

Melon

Dengan memilki 95% kandungan air dalam daging buah melon, dapat memberi rasa dingin dan efek yang menyejukkan. “Rasa sejuk itulah yang bisa menenangkan hati dan pikiran yang lagi stres. Selain itu melon juga dapat meredakan rasa panas dalam perut

Permen Karet

Permen karet dapat membantu seseorang melawan stres. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet selama ujian atau saat belajar akan lebih tenang dan tidak grogi. Mengunyah permen karet dapat mengurangi tingkat kortisol (hormon stres) dalam tubuh. Kortisol adalah hormon yang dilepaskan ketika tubuh dalam keadaan tegang, sehingga menyebabkan stres

Ice cream       
Ice cream memang stress relieve yang paling manjur, jika kepala panas karena terlalu banyak berpikir, dinginnya ice cream dinilai mampu mendinginkannya. Hal tersebut disetujui oleh para peneliti dari University of Califronia. Susu dan krim yang banyak terkandung dalam ice cream diyakini memiliki banyak asam amino tryptophan yang dapat menenangkan otak kita. Namun, (lagi-lagi) pilihan ice cream berjenis low fat adalah solusi terbaik agar lemak di tubuh tidak bertambah.

Yoghurt

Tidak hanya membantu melancarkan pencernaan, Yoghurt  juga dapat mengurangi resiko sakit perut, yang merupakan salah satu efek dari stres. Selain itu, yoghurt juga dapt meningkatkan produksi hormon serotin yang bisa menghilangkan stres, dan juga membuat Anda merasa tenang.

Cokelat
Cokelat juga bisa meningkatkan serotonin dalam otak yang menimbulkan perasaan bahagia sesudah memakannya.  Kandungan phenylethylamine yang adalah suatu substansi mirip amphetanine yang dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak yang kemudian pada gilirannya menghasilkan dopamine. Dampak dopamine adalah muncul perasaan senang dan perbaikan suasana hati.  Phenylethylamine juga dianggap mempunyai khasiat aphrodisiac yang memunculkan perasaan seperti orang sedang jatuh cinta.

Susu

Mengonsumsi susu niscaya bisa mengurangi stres yang hinggap. Hal ini sendiri didasari oleh penelitian Mary Dallman, PhD, profesor fisiologi di University of California, San Fransisco, yang menghasilkan kesimpulan bahwa kandungan kalsium sangat baik untuk menenangkan hati karena dapat mengurangi ketegangan otot dan menenangkan saraf.  Pilihlah susu jenis low-fat agar lemaknya tidak menumpuk di dalam tubuh, jenis susu ini sangat tepat pula untuk menenangkan mereka yang panik.

Asyiik kan tuh agan dan sista semua, Naaah itu dia temen temen bahasan seputar STRESS, mulai dari pengertian, gejala, penyebab, bahkan sampe cara asyik buat ngilanginnya udah di bahas juga. Mudah- mudahan bermanfaat yaa..😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s